Kemendikbud Telah Merubah Sistem Pendidikan Tahun 2020

  • Bagikan

Makassar, anteronews.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merubah sistem pendidikan di tanah air, mulai tahun 2020 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah tidak ada lagi. Kemendikbud menggantinya dengan ujian sekolah biasa sebagai tes kelulusan. Penilaian USBN diserahkan ke masing-masing sekolah, sebagai bentuk kemerdekaan (otonomi) di sekolah itu sendiri.

Dra. Hj. Masita.,M.Si Kepala SMA 11 Makassar menuturkan, khusus untuk sekolah ini pelaksanaan Ujiannya Insya Allah akan di gelar mulai tanggal 16 sampai 23 Maret, seperti tahun sebelumnya tetap berbasis android/komputer, Rabu (11/03/2020).J

Jadi anak-anak tidak lagi menggunakan kertas, menjawab melalui android/komputer dan hasilnya langsung bisa di lihat, obyektifnya tinggi tanpa melalui proses pemeriksaan serta lebih efisien.

Alhamdulillah, SMA 11 sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, para guru juga telah memasukkan soal ujiannya dan telah ada akun yang di buat untuk digunakan murid-murid nanti, serta seluruh mata pelajaran akan di ujikan, ucapnya.

Setelah Ujian Sekolah, ada Ujian Nasional serentak di seluruh Indonesia, akan di mulai hari Senin sampai Kamis, tanggal 30 Maret – 02 April 2020.

Persiapan SMA 11 Makassar dalam menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, adalah sejak masuknya semester VI ini, siswa-siswa sudah kami sampaikan bahwa persiapkan diri dengan baik, guru-guru harus memberikan materi mengarah pada persiapan Ujian Akhir.

Bahkan, mulai bulan dua kemarin kami sudah melakukan pembimbingan terhadap siswa-siswa, walau pun tidak secara kontinyu mengingat pembelajaran waktunya hingga sore hari, jadi tidak ada lagi waktu untuk bimbingan khusus.

“Paling kalau ada guru yang bisa melaksanakan bimbingan secara khusus di hari Sabtu, yah silahkan saja”, kilahnya.

Harapan terbesar dari kami selaku guru di SMA 11 Makassar ini adalah semoga anak-anak bisa lulus dengan nilai yang baik, hal ini lah yang menjadi rujukan untuk masuk perguruan tinggi, yang menjadi jalur favorit di anak-anak di sekolah ini untuk masuk perguruan tinggi yaitu jalur ‘Seleksi Mandiri Tanpa Tes’, tutup Dra. Hj. Masita.,M.Si.

Laporan   : Firman/Karca

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.